Terangi Jiwamu dengan Kata kata ilmiah


TUGAS MAKALAH

PENGOLAHAN DAN PEMAHAMAN,SERTA

PEMANFAATAN TENTANG

WEB SCIENCE CITESEER


DISUSUN OLEH :

SURAHMA JAYA

56410743

FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

JAKARTA

2012


KATA PENGANTAR

Memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas berkah dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini, yang berjudul Hakekat dan Teori Tentang Manusia, beserta Komponennya dengan harapan kita sebagai manusia dapat mengetahui, serta memahami potensi-potensi manusia dan juga bagaimana sosok manusia itu menurut para ahli dan para pakar . Dan juga saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yan telah mendukung dalam pembuatan makalah ini.

Penulis sadar makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik maupun saran diharapkan dapat diberikan kepada pembaca untuk lebih menyempurnakan makalah ini semoga ada manfaatnya.. Terima kasih.

                                                                      Jakarta, 18 Maret 2012

                                                                 Penulis

                                                                  ( SURAHMA JAYA )

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN………………………………………………………………4

BAB II. PEMBAHASAN …………………………………………………………….. 5

BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………. 10

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………. 11

BAB I

PENDAHULUAN

Kebutuhan seseorang akan sebuah berita,bacaan/artikel sangatlah dicari-cari olehnya.Informasi-informasi yang dicarinyapun tentunya harus akurat dan sesuai dengan apa yang kita cari.Dan ketika sudah mencarinya tentunya juga kita menginginkan artikel/bacaan yang free/gratis.Banyak sekali media yang ada di sekitar kita untuk mendapatkannya.Semuanya itu tentunya akan terasa mudah apabila ketika kita mencarinya ingin langsung mendapatkannya tanpa harus mencarinya berlama-lama.Untuk itulah peran pemanfaatan teknologi informasi diperlukan.Dan peran peran pemanfaatan teknologi informasi tersebut tidak lupa kita dapatkan melalui jalur internet.

BAB II

PEMBAHASAN

     1.  Tempat Domain Web Science Citiseer

Walau kini informasi di internet sudah sangat melimpah, namun tidak semua informasi dari internet tersebut dapat diperoleh secara gratis (free). Banyak pula informasi yang dapat diunduh (download) dari internet hanya jika kita membayar (fee) sejumlah uang tertentu kepada penyedia informasinya (content provider). Jika informasi didapatkan dengan sistem berbayar, ada yang menggunakan sistem PpV (Pay per View) yaitu jumlah yang dibayar sesuai dengan satuan informasi yang diakses dan didownload. Pilihan lain adalah dengan sistem berlangganan berdasarkan lamanya masa berlangganan, jumlah judul jurnal (sumber) yang dilanggan dan jumlah pemakai (account) yang akan melakukan proses akses dan download.

Kemasan informasi yang ada di internet pun beragam. Informasi yang diperoleh dapat hanya berupa informasi ringkas (data bibliografi atau abstrak saja), namun dapat pula berupa dokumen full-text atau informasi teks lengkap dari dokumen tersebut. Bentuk kemasan lain informasi di internet adalah sitiran terhadap dokumen yang dicari (Web of Science). Namun pada umumnya sekarang informasi yang banyak dicari orang dan didapat dari internet kebanyakan dalam format lengkap. Padahal “sekedar” informasi sitiran terhadap suatu dokumen sesungguhnya juga merupakan informasi yang sangat berharga.

Salah satu pencarian dokumen terutama, yaitu ketika kita mencari sebuah dokumen ilmiah untuk penelitian dalam bidang komputer dan informatika.Di Citiseer kita dapat dengan mudah menemukannya,sekaligus mendownloadnya secara gratis. Dokumennya pun sangat banyak , dan menurut website bukujurnal.com/jurnal/citeseer.html dokumennya berjumlah 767.558 dokumen. Hingga saat ini Citeseer telah memiliki lebih dari 1,077,967 arttikel dan 20,328,278 kutipan dan terus berkembang.

Setelah melayani umum selama sekitar 10 tahun, Citiseer, yang pada mulanya dimaksudkan hanya dalam bentuk purwarupa (prototipe), mulai berkembang di luar kapabilitas dari arsitektur awal. Berdasar dari sebuah analisis permasalahan yang ditemukan pada sistem asal dan adanya keinginan dari komunitas penelitian, sebuah arsitektur dan model data baru dikembangkan untuk “Next Generation Citiseer,” atau CiteSeerx, sehingga dapat melanjutkan tradisi Citiseer ke masa depan.Dengan nama websitenya http://citeseer.ist.psu.edu.

     2. Sekilas Tentang Citiseer

Citiseer adalah perpustakaan digitial ilmiah dan mesin pencari yang berfokus terutama dalam literatur komputer dan ilmu informasi.Citiseer bertujuan untuk meningkatkan diseminasi literatur ilmiah dan memberikan perbaikan dalam fungsi, ketersediaan kegunaan,, biaya, kelengkapan, efisiensi, dan ketepatan waktu dalam akses pengetahuan ilmiah dan ilmiah.

Fitur-fitur Citiseer yaitu :

  1. Autonomous Citation Indexing (ACI)

    CiteSeer menggunakan ACI untuk secara otomatis membuat indeks sitasi yang dapat digunakan untuk pencarian literatur dan evaluasi. Dibandingkan dengan indeks kutipan tradisional, ACI menyediakan perbaikan dalam biaya, ketersediaan, kelengkapan, efisiensi, dan ketepatan waktu.

  2. Citation statistics

    Menghitung statistik kutipan dan dokumen terkait untuk semua artikel

  3. Reference linking

    Seperti penerbit online, CiteSeer memungkinkan browsing database menggunakan link kutipan. Namun, CiteSeer melakukan ini secara otomatis.

  4. Citation context

    CiteSeer dapat menunjukkan konteks kutipan sebuah makalah yang diberikan, yang memungkinkan peneliti untuk cepat dan mudah melihat apa yang peneliti lain telah mengatakan tentang sebuah artikel yang menarik.

  5. Awareness and tracking

    CiteSeer memberikan pemberitahuan otomatis dari kutipan baru untuk kertas yang diberikan, dan kertas baru yang cocok dengan profil pengguna.

  6. Related documents

    Menempatkan CiteSeer terkait dokumen menggunakan kutipan kata dan tindakan berbasis dan menampilkan bibliografi aktif dan terus menerus diperbaharui untuk setiap dokumen.

  7. Full-text indexing

    Indeks CiteSeer penuh teks dari artikel seluruh dan kutipan. Boolean penuh, frase dan mencari kedekatan didukung.

  8. Query-sensitive summaries

    CiteSeer memberikan konteks bagaimana istilah permintaan yang digunakan dalam artikel bukan ringkasan generik, meningkatkan efisiensi pencarian.

  9. Up-to-date

    CiteSeer secara teratur diperbarui berdasarkan masukan pengguna dan teratur merangkak.

  10. Powerful search

    CiteSeer menggunakan pencarian untuk semua pertanyaan kompleks atas konten, dan memungkinkan penggunaan inisial penulis untuk menyediakan pencarian nama yang lebih fleksibel.

  11. Harvesting of articles

    CiteSeer otomatis menerima masukan makalah penelitian dari Web.

  12. Metadata of articles

    CiteSeer otomatis ekstrak dan menyediakan metadata dari semua artikel yang terindeks.

  13. Personal Content Portal

    Pribadi koleksi, RSS-seperti pemberitahuan, bookmark sosial, fasilitas jaringan sosial. Pengaturan personalisasi pencarian. Data Kelembagaan pelacakan mungkin. Transparan dokumen pengajuan sistem.

                   2. Metode Kerja dan Range yang Ditampilkan


  1. Setelah kita membuka websitenya http://citeseer.ist.psu.edu/, kita tinggal mencari dokumen ilmiah apa yang ingin kita cari.Misalkan saja kita ingin memasukkan kaata kuncinya komputer maka otomatis web citiseer akan menampilkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan komputer seperti pada gambar di bawah ini


    dan begitu banyak sekali Citiseer menampilkan semua hasil pencarian yang kita cari.


    misalkan saja kita klik Support vektor inductive logic programming.Maka akan ditampilkan sebuah dokumen ilmiah seperti pada gambar berikut :


    Terlihar jelas bahwa dokumen ilmiah yang kita inginkan ditampilkan oleh web citeseer, untuk mendownloadnya kita hanya mengklik Download Link , apa kita ingin mendownloadnya dengan format PDF atau yang PS.


    maka kita dapat mendownloadnya


BAB III

PENUTUP

Banyak informasi di internet. Jumlah maupun ragam formatnya. Banyak informasi yang dapat diperoleh secara gratis, namun ada pula yang harus bayar untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan informasi yang relevan selain diperlukan fasilitas akses, juga diperlukan keterampilan khusus dalam menelusur agar diperoleh temuan (hits) yang relevan.Untuk itulah diperlukan kejernihan dalam pemanfaatan internet ini dalam membuat karya ilmiah atau penelitian secara cepat,tepat,dan akurat dan juga gratis tentunya.

DAFTAR PUSTAKA

Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi

http://budi.insan.co.id/presentation/IT-usage-at-university.ppt

TGL DOWNLOAD : 16/03/2012 22:12

Pemanfaatan IT di Perguruan Tinggi – Budi Rahardjo’s web site

http://globalnetlink.com/articles/IT-usage-at-university.doc

TGL DOWNLOAD : 16/03/2012

Prinsip Pencarian dan Pemanfaatan Informasi Via Internet

http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/32258/pncarian-dn-pmnfaatn-informsi-intrnet-uph-2007-ok.doc?sequence=2

TGL DOWNLOAD : 16/03/2012 22:23

citeseer.ist.edu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: