Terangi Jiwamu dengan Kata kata ilmiah


Perlukah Privativasi BUMN dilakukan???
menurut analisa public Pelaksanaan privatisasi BUMN yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia belum dapat berjalan mulus sebagaimana yang diharapkan.
Menurut saya

Pelaksanaan privatisasi yang terjadi sampai saat ini masih terkesan ruwet, berlarut-larut, dan tidak transparan. Dikatakan ruwet karena tidak adanya aturan yang jelas tentang tata-cara dan prosedur privatisasi. Proses privatisasi dari setiap BUMN dilakukan dengan prosedur dan perlakuan yang berbeda. Pelaksanaan privatisasi juga terkesan berlarut-larut. Keputusan yang sudah diambil pemerintah tidak bisa dengan segera dilaksanakan, karena berbagai alasan. Keputusan untuk menentukan pemenang tender privatisasi juga tidak ada aturan atau formula yang jelas, sehingga terkesan pemerintah kurang transparan dalam proses privatisasi…
Sebenarnya privatisasi BUMN boleh saja dilakukan menurut saya asalkan memperhatikan asas kebijakan publik yang berdasarkan demokratisasi .publik….
jadi harus bagaimana???
ya jadi kita dapat analisa, bagaimana privativasi BUMN dapat mendatangkan manfaat??
ya sudah seharusnya privatisasi yang mampu meningkatkan kinerja BUMN, mampu mendorong BUMN untuk menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan BUMN, mampu meningkatkan akses ke pasar internasional, mampu mendorong terjadinya transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu mendorong terjadinya perubahan budaya kerja, serta mampu menghasilkan dana untuk menutup defisit APBN.

SAran dari saya ya
Untuk Pemerintah sendiri , dalam hal ini Menteri Negara BUMN, seyogyanya mempersiapkan diri dalam rangka pergeseran peran dari penentu kebijakan dan pelaksana kegiatan BUMN menjadi fasilitator dan regulator kegiatan BUMN.
Pemerintah harus benar-benar bijak terhadap privativasi yang ingin dilaksanakan dan diputuskan.
dan untuk menarik investor agar bersedia menanamkan modalnya di BUMN Indonesia, seyogyanya pemerintah menyusun suatu sistem dan prosedur privatisasi BUMN yang baku, dan berlaku untuk semua BUMN yang akan diprivatisasi tanpa ada pengecualian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: